Cleanlab POS

Memutuskan Resign Setelah 10 Tahun Bekerja di Rumah Sakit, Ariane Kini Fokus Jadi Pengusaha Laundry

Berpengalaman sekitar 10 tahun bekerja di bidang pelayanan medis, Ariane akhirnya memutuskan berhenti bekerja di rumah sakit dan jadi pengusaha laundry supaya bisa punya banyak waktu bersama anaknya yang masih kecil. Laundry menjadi bisnis pertama yang dipilih olehnya karena ia berpikir bahwa peluang bisnis laundry cukup besar.

“Saya buka laundry karena saya yakin, ke depannya akan semakin banyak orang yang butuh laundry. Kebanyakan orang yang bekerja itu juga biasanya capek di jalan, tentu udah nggak ada waktu lagi untuk nyuci, nyetrika, karena pekerjaan rumah tangga tersebut tentu sangat membuang waktu untuk pegawai kantoran. Laundry yang membantu mereka mengurangi pekerjaan rumah tangga,” ujar Ariane.

Sebelum membuka Laundry Care yang berlokasi di Palem Semi, Karawaci, Ariane telah lebih dulu punya laundry di tempat lain. Hanya saja lokasinya kurang menguntungkan. Sehingga ia memutuskan pindah sejak tahun lalu ke lokasi sekarang yang dinilainya cukup strategis karena dekat dengan perumahan. Meski sudah banyak merugi, Ariane tidak lantas menyerah begitu saja. Ia yakin bahwa lokasi barunya bisa mendatangkan keuntungan yang lebih baik dari sebelumnya.

“Karena saya dan suami punya pendirian. Kami mungkin gagal, tapi itu kan baru di tahun pertama. Kami coba pindah lokasi, dan ternyata hasilnya memang lebih baik. Untuk laundry, lokasi itu menjadi faktor yang sangat menentukan,” ujar Ariane.

Sekitar lebih dari 300 juta Rupiah Ariane memodali usaha laundry-nya, mulai dari pembelian mesin dan peralatan hingga sewa tempat. “Saya memang menyiapkan tabungan sejak masih kerja kantoran, yang memang diniatkan menjadi modal untuk buka usaha.”

 

Jadi Salah Satu Vendor Laundry untuk Asian Games 2018

Meski baru dua tahun menjadi pengusaha laundry, Ariane berusaha untuk total menjalaninya. Tahun 2018, ia terpilih menjadi salah satu dari 17 vendor laundry untuk mencuci baju atlet di Asian Games 2018. Sejak buka laundry, ia juga langsung tergabung menjadi anggota ASLI (Asosiasi Laundry Indonesia).

Pindahnya ke daerah Palem Semi yang dekat dengan perumahan, membuahkan hasil. Dalam sehari, paling tinggi laundry-nya bisa mendapat orderan hingga 100 kg dan untuk satuan, dalam sebulan bisa mencapai 500 item.

Selain kemauan pelanggan yang tuntutannya cukup bermacam-macam, tantangan yang paling dirasa oleh Ariane dalam menjalankan laundry-nya adalah sulitnya mencari karyawan yang loyal.

 

Pakai Cleanlab POS karena Rekomendasi dari Kakak

pengusaha laundry

Dalam belajar bisnis laundry, Ariane cukup banyak belajar dari keluarga yang sudah lebih dulu membuka laundry. Untuk menjalankan laundry dengan lebih mudah, Ariane diberi tahu oleh kakaknya, Rani, pemilik Laundritta untuk menggunakan aplikasi Cleanlab POS. “Saya tahu Cleanlab POS dari dia, saya lihat kok gampang banget ya pakainya. Karena saya juga mendapat banyak tawaran dari aplikasi lain, tapi Cleanlab POS inilah yang menurut saya paling simple. Dan memang terbukti, kerja jadi lebih mudah. Dulu, saya harus rekap nota terus tulis di buku lagi. Itu lama banget. Kalau saya seminggu aja nggak kerjain, makan waktu lebih lama lagi. Untuk omset juga lebih kelihatan, jadi saya lebih tahu jumlah pastinya. Kalau manual, kan kadang ada yang luput gitu, karena saya juga bukan tipe orang yang detail banget ngurusin pemasukan dan pengeluaran,” ungkap Ariane.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa untuk menghitung kiloan juga lebih gampang karena otomatis langsung terhitung di aplikasi. Untuk pelanggan juga jadi lebih enak, mereka cuma tinggal naruh laundry dan nota dikirim lewat Whatsapp. “Pelanggan saya banyak yang bilang kalau laundry saya jadi lebih keren karena udah pakai aplikasi.”

 

Ingin Laundry Terus Berkembang dan Buka Cabang

Menjadi pengusaha laundry telah membuatnya punya banyak waktu untuk keluarga. Ditambah ia menjalankannya dengan aplikasi, kemudahan lebih pun ia rasakan. Ia berpesan sebagai perempuan yang ingin punya bisnis, teruslah untuk mau belajar. “Jangan pernah merasa sudah di ‘atas’. Terus berjuang, pantang menyerah, dan tetap memberikan yang terbaik juga untuk keluarga,” ujar Ariane. Ia pun berharap, ke depannya Laundry Care miliknya bisa terus berkembang dan membuka cabang baru.

 

Ingin merasakan gampangnya ngatur laundry pakai aplikasi seperti yang dialami oleh Ariane? 

Download gratis sekarang di sini! Download Cleanlab POS

 

Artikel Terkait

Jadwal Operasional Tim Cleanlab POS Selama Libur Lebaran 2019

Cek jadwal operasional tim Cleanlab POS selama libur Lebaran 2019, supaya tetap nyaman menggunakan aplikasi kami! Halo, para pelanggan setia Cleanlab POS! Nggak terasa ya, sebentar lagi Lebaran. Supaya Anda tetap bisa merasakan manfaat aplikasi kami dengan tetap nyaman, Anda harus cek juga ya jadwal operasional tim kami selama libur Lebaran 2019. Terutama yang berkaitan […]

Baca Selengkapnya
Konsultan Manajemen Laundry Cleanlab POS: Mereka yang Membantu Memajukan Usaha Laundry Anda

Setelah berkenalan dengan tim Customer Success serta tim Product Management dan Engineer di Cleanlab POS, kini kenalan lagi, yuk dengan tim lainnya yang ada di Cleanlab POS, yaitu tim Konsultan Manajemen Laundry. Konsultan Manajemen Laundry di Cleanlab POS adalah mereka yang membantu para pengusaha laundry untuk terus berkembang dengan teknologi aplikasi kami. Mereka jugalah yang membantu […]

Baca Selengkapnya
5 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengusaha Laundry Sebelum Libur Lebaran

Lebaran sebentar lagi!!! Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan laundry Anda sebelum Lebaran, supaya Anda tenang dan pelanggan nyaman. Berapa lama Anda akan tutup selama libur Lebaran? Atau Anda memilih tetap buka seperti biasa saat Lebaran? Semua itu pilihan Anda. Tapi, tentunya sulit menemukan karyawan yang mau tetap bekerja saat libur, ya! Nah, mumpung Lebaran […]

Baca Selengkapnya
Ingin Laundry Makin Berkah? Ini Kegiatan Sosial di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Lakukan

Perbanyak lakukan kegiatan sosial di bulan Ramadhan supaya laundry Anda makin berkah. Yuk, seimbangkan kehidupan bisnis Anda, supaya nggak hanya cari untung semata, tapi juga untuk beramal dengan sekitar. Setelah fokus berbisnis selama setahun, saatnya di bulan penuh berkah ini, Anda banyak beramal! Banyak sekali kegiatan beramal yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan. Banyak-banyaklah […]

Baca Selengkapnya

Memutuskan Resign Setelah 10 Tahun Bekerja di Rumah Sakit, Ariane Kini Fokus Jadi Pengusaha Laundry

Waktu membaca: 4 min
0