Cleanlab POS

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Laundry untuk Perkembangan Bisnis Anda

Usaha sekecil apa pun, harus punya pengelolaan keuangan yang baik, termasuk laundry Anda. Baik laundry yang baru buka, maupun yang sudah lama berdiri, keuangan laundry harus diatur dengan rapi agar usaha laundry Anda terus tumbuh dan berkembang dengan sehat. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan usaha laundry yang tepat?

 

1. Pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha laundry

Mencampurkan rekening pribadi atau keluarga dengan rekening usaha tentu akan mengacaukan perhitungan keuntungan usaha laundry Anda. Ini adalah aturan dasar yang harus Anda mulai terlebih dulu jika ingin mengelola keuangan yang lebih baik untuk usaha laundry Anda.

 

2. Catat semua pengeluaran dan pemasukan sampai yang terkecil sekali pun

Cara mengelola keuangan usaha laundry yang paling utama harus dilakukan adalah mencatat uang masuk dan uang ke luar. Sudahkan Anda membuat catatan pengeluaran yang detail dan rinci? Pengeluaran-pengeluaran kecil yang luput bisa membuat laporan keuangan laundry Anda menjadi tidak seimbang.

 

3. Buat budget rutin setiap bulan

Untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran kecil yang bisa saja tercecer, lebih baik tetapkan budget untuk masing-masing pengeluaran setiap bulannya. Budget yang bisa Anda tetapkan mulai dari pembelian produk chemical, listrik, air, dan lain sebagainya. 

 

4. Beli produk chemical dalam kemasan besar dan jumlah banyak

Pastikan Anda menghitung berapa banyak pemakaian produk chemical mulai dari deterjen, pelembut pakaian dan parfum laundry dalam sebulan. Ini membantu Anda untuk terhindar dari pengeluaran-pengeluaran kecil yang bisa jadi membengkak di akhir bulan. Pembelian produk chemical dalam kemasan besar tentunya jika dihitung secara total akan lebih irit dibanding kemasan kecil. Apalagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak. Perbedaan harganya akan lebih terasa. Belum lagi jika Anda mendapat diskon jika membeli dalam jumlah banyak.

Anda bisa mencoba menggunakan produk chemical yang dipakai di Cleanlab Laundry, Cleanlite Laundry dan berbagai laundry lainnya di Indonesia di sini.

 

5. Berinvestasi dari keuntungan usaha

Jangan habiskan seluruh profit Anda untuk keperluan pribadi Anda. Alokasikan dari keuntungan usaha Anda sebagai investasi mengembangkan usaha Anda. Apakah Anda ingin menambah jumlah mesin, mengganti peralatan laundry, untuk menggencarkan promosi atau bahkan sebagai modal membuka cabang tambahan! Dengan mengalokasikan investasi dari keuntungan usaha, laundry Anda bisa terus berkembang ke depannya.

 

6. Buat pembukuan laundry yang rapi dari transaksi harian

Penting untuk Anda tahu setiap harinya ke mana uang Anda pergi, berapa uang yang masuk, dan lain sebagainya. Dari transaksi harian itu, rekap lagi ke dalam pembukuan laundry hingga terlihatlah di akhir bulan seperti apa laporan keuangan laundry Anda. (Download contoh pembukuan laundry yang lengkap di sini)

 

7. Cara mengelola keuangan usaha laundry menggunakan aplikasi

laporan keuangan laundry

Cara paling gampang dan efektif untuk mengelola keuangan usaha laundry Anda adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi laundry yang cukup lengkap dan sangat mudah digunakan adalah Cleanlab POS. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mendata transaksi laundry setiap hari, mulai dari setoran, omset, pengeluaran, jumlah pesanan, profit dan piutang pelanggan. Anda bisa memantau dan mengontrol keuangan laundry Anda di mana pun Anda berada, tidak harus berada di lokasi. Tidak hanya transaksi keuangan saja, ada masih banyak lagi manfaat dari Cleanlab POS yang bisa Anda lihat di sini.

Sudah download aplikasinya?

Download di sini ya: Download aplikasi Cleanlab POS

Jika ada kesulitan silakan request demo gratis di sini: Demo Gratis Cleanlab POS

Tim kami akan dengan senang hati mengunjungi Anda.

Jika ingin tahu lebih lanjut, bisa hubungi ke:

cleanlabpos@ahlijasa.com 
+62-822-6089-6492

Artikel Terkait

Memutuskan Resign Setelah 10 Tahun Bekerja di Rumah Sakit, Ariane Kini Fokus Jadi Pengusaha Laundry

Berpengalaman sekitar 10 tahun bekerja di bidang pelayanan medis, Ariane akhirnya memutuskan berhenti bekerja di rumah sakit dan jadi pengusaha laundry supaya bisa punya banyak waktu bersama anaknya yang masih kecil. Laundry menjadi bisnis pertama yang dipilih olehnya karena ia berpikir bahwa peluang bisnis laundry cukup besar. “Saya buka laundry karena saya yakin, ke depannya […]

Baca Selengkapnya
Bagaimana Cara Mengelola Usaha Laundry Pakai Aplikasi?

Kehadiran aplikasi telah memudahkan hidup banyak orang, termasuk adanya aplikasi kasir laundry. dengan aplikasi kasir laundry, Anda bisa kelola bisnis lebih gampang dan bisnis Anda bisa berjalan autopilot. Wah, kok bisa ya ngatur laundry pakai aplikasi? Bagaimana cara mengelola usaha laundry pakai aplikasi? Caranya gampang sekali. Anda hanya perlu punya aplikasi Cleanlab POS. Dengan satu […]

Baca Selengkapnya
15 Contoh Promosi Laundry yang Menarik untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan

Salah satu cara menaikkan omset usaha laundry secara signifikan adalah dengan sering-sering membuat promosi laundry. Cara berpromosi dengan memberikan diskon dan potongan harga termasuk jenis promosi yang efektif. Anda bisa mempromosikan diskon laundry Anda baik secara offline maupun online. Berikut ini contoh 15 promosi laundry yang bisa Anda tiru dan kreasikan sesuai kreativitas Anda.   1. […]

Baca Selengkapnya
8 Manfaat Penting Aplikasi Cleanlab POS untuk Manajemen Laundry yang Baik dan Efektif

Manajemen laundry Anda akan lebih bagus jika dibantu oleh aplikasi. Cleanlab POS lebih dari sekadar aplikasi kasir laundry biasa, manfaat aplikasi ini banyak sekali, terutama dalam mengelola manajemen bisnis laundry yang efektif. Bagaimana cara Anda mengelola usaha laundry Anda sehari-hari? Masih dengan cara yang manual, di mana Anda selalu harus mengontrol laundry ke lokasi? Tinggalkan […]

Baca Selengkapnya

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Laundry untuk Perkembangan Bisnis Anda

Waktu membaca: 4 min
0