Cleanlab POS

Tim Product dan Engineer: Mereka yang Mengembangkan Fitur-Fitur Terbaik di Aplikasi Cleanlab POS

Cleanlab POS lahir pada pertengahan tahun 2018. Berawal dari dikembangkannya aplikasi kasir laundry khusus untuk Cleanlab Laundry di tahun 2017, akhirnya dibuatlah aplikasi yang bisa dipakai oleh seluruh pengusaha laundry di Indonesia. Belum genap satu tahun, aplikasi Cleanlab POS telah diunduh lebih dari 10.000 kali di Google Play Store. Dan jumlah ini tentu akan terus bertambah ke depannya. Semua itu adalah hasil jerih payah para tim yang berada di dalamnya. Untuk tahu bagaimana aplikasi ini dikembangkan, mari kita berkenalan dengan teman-teman dari tim Product Manager dan Engineer di Cleanlab POS.

 

Tim Product dan Engineer di Cleanlab POS

tim Cleanlab POS

Bara E. Brahmantika, AVP-Product Development di Cleanlab POS mengatakan bahwa yang ia suka dari perannya adalah karena ia harus terus menganalisis dan memecahkan masalah. Dan hal itu tidak terbatas untuk para pengguna aplikasi saja, tapi juga untuk rekan kerja di tim.

“Tuntutan untuk terus mendukung dan membantu orang lain untuk menjadi sukses, akhirnya menjadi panggilan yang membuat saya jatuh cinta dengan pekerjaan sebagai Product Manager,” ujar Bara.

Tugas utama Product Manager adalah membantu seluruh tim dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan tepat di setiap pekerjaan mereka. Karena itu, dalam kesehariannya tugas Bara banyak berputar pada pencarian informasi, baik berupa market research, best practices maupun data-data yang diperoleh dari para pengguna aplikasi Cleanlab POS.

Dengan mengolah data tersebut dan menyajikannya pada tim tim terkait, Product Manager dapat membantu setiap tim untuk mengambil keputusan terbaik. Termasuk di dalamnya keputusan mengenai penentuan yang terkait harga dan fitur apa yang tepat untuk dikembangkan di aplikasi Cleanlab POS yang dapat menjawab seluruh kebutuhan pengguna.

Hal yang paling berkesan selama menjadi Product Manager bagi Bara adalah ketika ia dan timnya mendengarkan dan melihat secara langsung bagaimana aplikasi Cleanlab POS dapat membantu mempermudah kehidupan dan bisnis para pengusaha laundry.

“Ketika para pengguna menuliskan review, atau bicara langsung kepada kami bagaimana aplikasi yang dirancang ternyata bisa jadi solusi yang tepat atas permasalahan yang mereka hadapi,  dan semakin banyaknya orang yang mau menggunakan aplikasi kami itu menjadi kebanggaan sendiri untuk saya,” ungkap Bara.

“Selain itu, memastikan setiap orang di dalam timnya ikut tumbuh dan berkembang baik dari segi kemampuan dan kepemimpinan, juga menjadikan pekerjaan ini semakin menyenangkan,” lanjut Bara.

Mengedukasi pengusaha laundry tentang pentingnya manajemen bisnis yang baik yang dapat didukung oleh aplikasi

Pengembangan software untuk bisnis laundry seperti Cleanlab POS membutuhkan investasi tenaga, dan waktu dan juga biaya infrastruktur yang tidak sedikit. Tim Cleanlab POS harus belajar berbulan-bulan untuk menambah keahlian dalam pengembangan aplikasi yang lebih mumpuni. Ditambah juga teknologi yang digunakan untuk memastikan bahwa data pelanggan tersimpan dengan baik.

Tentunya dengan tantangan seluruh upaya pengembangan aplikasi yang telah dilakukan, pada akhirnya untuk membantu para pemilik laundry bisa menjalankan bisnis laundry-nya dengan lebih baik.

“Saya dan tim selalu berusaha untuk terus mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pentingnya sebuah sistem manajemen bisnis yang baik yang dapat dibantu lewat aplikasi. Agar mereka juga mulai bisa melihat pentingnya manfaat Cleanlab POS dalam mendukung ekosistem industri laundry di Indonesia. Target saya dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun kedepan, saya harap Cleanlab POS sudah dapat di download oleh lebih dari 50.000 pengguna di seluruh Indonesia,” ujar Bara.

Ia juga berharap bahwa nantinya Cleanlab POS dapat terus berkembang. Bukan hanya dalam segi mempermudah manajemen laundry bagi para pengusaha laundry di Indonesia. Namun, juga dapat menambahkan fitur yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar bisnisnya semakin berkembang.

Salah satu tim Product Development lainnya adalah Reyhan. Tidak berbeda dengan Bara, tugas utama Reyhan adalah mendengarkan kebutuhan para pengusaha laundry dalam menjalankan usahanya. Setelah itu mewujudkannya menjadi fitur-fitur di aplikasi yang dapat mempermudah para pengusaha laundry dalam menjalankan bisnis.

“Bisa saling sharing dengan para pengusaha laundry yang sudah ahli di bidangnya dan melihat para pengusaha laundry sangat antusias menggunakan aplikasi Cleanlab POS adalah hal yang paling berkesan bagi saya. Ke depannya, saya ingin Cleanlab POS menjadi aplikasi One-stop-solution untuk para pengusaha laundry.

 

Tim Engineer: Mereka yang Mewujudkan Berbagai Fitur Terbaik untuk Pengguna Cleanlab POS

tim Cleanlab POS

Sama halnya dengan Bara, Puja Wardani, AVP-Front End Development di Ahlijasa telah lebih dulu mengembangkan aplikasi kasir laundry khusus untuk Cleanlab Laundry. Setelah sukses mengembangkan aplikasi tersebut, barulah ia mulai mengembangkan aplikasi Cleanlab POS sejak pertengahan tahun 2018 hingga saat ini.

“Tim Cleanlab POS berusaha membantu meringankan beban para pengusaha laundry dalam mengelola toko laundry dengan bantuan aplikasi,” ujar Puja.

Lebih lanjut, Puja menjabarkan tugasnya sebagai tim Engineer yaitu sebagai “penerjemah”. Dalam arti menerjemahkan masalah yang disampaikan oleh konsumen ke dalam aplikasi. Yang tujuan akhirnya adalah meringankan masalah atau malah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

“Rasanya senang sekali kalau mendengar respon positif dari konsumen mengenai aplikasi kami. Terutama ketika mereka merasa terbantu karena kehadiran Cleanlab POS dapat meringankan beban mereka, para pengusaha laundry di Indonesia.”

Setiap harinya berhadapan dengan bugs menjadi tantangan tersendiri bagi tim Engineer. Namun, dengan tim yang solid, maka segala kesulitan itu dapat diselesaikan dan dicari jalan keluarnya. Puja pun berharap, ke depannya, Cleanlab Pos dapat terus menjadi pendukung kesuksesan para pengusaha laundry. “Semoga di waktu yang akan datang, Cleanlab POS dapat menjawab lebih banyak lagi masalah yang terjadi dalam pengelolaan laundry.”

tim Cleanlab POS

Salah satu tim pengembang aplikasi Cleanlab POS lainnya adalah I Gede Putu Gartha Prasidhiyanta, atau yang biasa dipanggil Gartha. Ketertarikanya terhadap dunia startup digital mengantarkannya pada posisi Junior Front-End Developer di Cleanlab POS.

Memperbaiki beragam bugs dan menyelesaikan fitur-fitur di aplikasi yang diminta konsumen menjadi bagian yang berkesan dalam pekerjaannya. Dan untuk menyelesaikannnya, ia pun butuh banyak membaca dan mencoba solusi yang kemungkinan dapat dilakukan. Gartha pun bertekad ingin terus dapat memenuhi kebutuhan penggunan yang selama ini belum terpenuhi di aplikasi.

 

 

Baca juga:

Artikel Terkait

Jadwal Operasional Tim Cleanlab POS Selama Libur Lebaran 2019

Cek jadwal operasional tim Cleanlab POS selama libur Lebaran 2019, supaya tetap nyaman menggunakan aplikasi kami! Halo, para pelanggan setia Cleanlab POS! Nggak terasa ya, sebentar lagi Lebaran. Supaya Anda tetap bisa merasakan manfaat aplikasi kami dengan tetap nyaman, Anda harus cek juga ya jadwal operasional tim kami selama libur Lebaran 2019. Terutama yang berkaitan […]

Baca Selengkapnya
Konsultan Manajemen Laundry Cleanlab POS: Mereka yang Membantu Memajukan Usaha Laundry Anda

Setelah berkenalan dengan tim Customer Success serta tim Product Management dan Engineer di Cleanlab POS, kini kenalan lagi, yuk dengan tim lainnya yang ada di Cleanlab POS, yaitu tim Konsultan Manajemen Laundry. Konsultan Manajemen Laundry di Cleanlab POS adalah mereka yang membantu para pengusaha laundry untuk terus berkembang dengan teknologi aplikasi kami. Mereka jugalah yang membantu […]

Baca Selengkapnya
5 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengusaha Laundry Sebelum Libur Lebaran

Lebaran sebentar lagi!!! Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan laundry Anda sebelum Lebaran, supaya Anda tenang dan pelanggan nyaman. Berapa lama Anda akan tutup selama libur Lebaran? Atau Anda memilih tetap buka seperti biasa saat Lebaran? Semua itu pilihan Anda. Tapi, tentunya sulit menemukan karyawan yang mau tetap bekerja saat libur, ya! Nah, mumpung Lebaran […]

Baca Selengkapnya
Ingin Laundry Makin Berkah? Ini Kegiatan Sosial di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Lakukan

Perbanyak lakukan kegiatan sosial di bulan Ramadhan supaya laundry Anda makin berkah. Yuk, seimbangkan kehidupan bisnis Anda, supaya nggak hanya cari untung semata, tapi juga untuk beramal dengan sekitar. Setelah fokus berbisnis selama setahun, saatnya di bulan penuh berkah ini, Anda banyak beramal! Banyak sekali kegiatan beramal yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan. Banyak-banyaklah […]

Baca Selengkapnya

Tim Product dan Engineer: Mereka yang Mengembangkan Fitur-Fitur Terbaik di Aplikasi Cleanlab POS

Waktu membaca: 6 min
0