Cleanlab POS

7 Tips Mengoptimalkan Data Pelanggan Laundry untuk Meningkatkan Omset

Sudahkan Anda lebih memperhatikan data untuk laundry Anda? Terutama data pelanggan. Jika Anda tidak punya sistem yang baik dalam pencatatan data pelanggan, akan sulit untuk menentukan strategi-strategi yang tepat. Data pelanggan laundry bisa jadi aset penting untuk Anda meningkatkan omset.

 

1. Mengetahui layanan apa yang paling favorit dan diinginkan pelanggan

Dari data pelanggan yang Anda punya, Anda bisa tahu, layanan apa saja yang menjadi favorit, sehingga Anda bisa lebih memperhatikan layanan tersebut. Selain itu Anda bisa juga tahu apa yang diinginkan dari pelanggan Anda. Bisa jadi mereka membutuhkan layanan baru dan berharap layanan tersebut ada di laundry Anda. Misalnya, Anda mulai terpikir untuk membuka jasa laundry sepatu di samping cuci kiloan. Untuk itu Anda perlu menetapkan harga

 

2. Menentukan harga ideal untuk layanan baru yang ingin diluncurkan

Setelah mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan-pelanggan Anda, Anda bisa menentukan langkah strategis ke depannya. Misalnya, dari feedback mereka, Anda menemukan bahwa mereka membutuhkan jasa layanan laundry sepatu. Setelah Anda ukur dan pertimbangkan, akan besar keuntungannya jika Anda membuka layanan laundry sepatu.

Agar pelanggan Anda merasa dilibatkan dalam peluncuran layanan baru Anda dan menentukan harga yang ideal, Anda bisa mengirimkan survey kepada mereka, berapa harga yang pantas yang mereka inginkan jika Anda membuka jasa layanan laundry sepatu.

 

3. Mengumpulkan testimoni

Dengan punya data pelanggan yang lengkap Anda bisa meminta testimoni dari mereka mengenai kesan-kesan setelah menggunakan jasa laundry di tempat Anda. Ini bisa jadi materi publikasi untuk mempromosikan laundry Anda. Ini juga bisa menjadi feedback untuk Anda evaluasi, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan-perbaikan pada kekurangan laundry Anda.

 

4. Memberikan pelayanan spesial untuk pelanggan VIP

Pelanggan VIP ini bisa Anda buat kategorinya sendiri. Apakah yang sering laundry atau yang paling banyak laundry di tempat Anda? Apakah yang merekomendasikan banyak orang untuk laundry di tempat Anda? Atau bisa juga yang sudah menjadi langganan tahunan atau yang paling tidak pernah komplain. Bisa juga mereka yang senantiasa membayar duluan dan tidak pernah bayar belakangan atau berhutang.

Dengan menentukan siapa saja yang menjadi pelanggan VIP Anda, Anda bisa memberikan layanan spesial. Apakah gratis antar jemput setiap sebulan sekali, atau hadiah-hadiah yang menyenangkan mereka.

 

5. Menginformasikan promo

Anda juga bisa lebih efektif ketika menyebar dan mempublikasikan promo-promo menarik kepada pelanggan Anda. Jika punya data pelanggan, tentu Anda akan lebih efektif dalam menyebarkan luaskan promo-promo yang Anda buat di laundry Anda.

 

6. Memberikan penawaran menarik untuk yang jarang laundry

Data pelanggan dapat memberitahukan siapa saja yang sudah jarang laundry di tempat Anda. Anda bisa menarik mereka kembali dengan memberikan penawaran-penawaran yang menarik. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan-pelanggan yang sudah pernah laundry di tempat Anda.

 

7. Menjaga hubungan baik yang berkelanjutan dengan pelanggan

Sebagai usaha yang bergerak di bidang jasa dan berhubungan langsug dengan pelanggan, bisnis laundry harus merawat hubungan baik dengan pelanggan. Bisnis jasa berpusat pada kepercayaan. Pertumbuhan bisnis juga berdasarkan kepercayaan tersebut. Tidak ada pelanggan yang ingin pakaian kesayangannya rusak atau hilang ketika dicuci di laundry. Karena itu, pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan selain menyelesaikan cucian dengan hasil sebaik mungkin, adalah membina hubungan dengan pelanggan. Hubungan yang terbina dengan baik, akan membuat pelanggan kembali lagi dan lagi.

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait data pelanggan Anda butuh aplikasi kasir laundry Cleanlab POS. Di aplikasi Cleanlab POS, data pelanggan tersimpan secara rapi dan detail sehingga Anda bisa mengoptimalkannya untuk meningkatkan omset laundry Anda.

Download Cleanlab POS di Google Play Store, gratis! Atau klik tombol di bawah ini:

Download aplikasi kasir laundry Cleanlab POS sekarang!

 

 

Artikel Terkait

Jadwal Operasional Tim Cleanlab POS Selama Libur Lebaran 2019

Cek jadwal operasional tim Cleanlab POS selama libur Lebaran 2019, supaya tetap nyaman menggunakan aplikasi kami! Halo, para pelanggan setia Cleanlab POS! Nggak terasa ya, sebentar lagi Lebaran. Supaya Anda tetap bisa merasakan manfaat aplikasi kami dengan tetap nyaman, Anda harus cek juga ya jadwal operasional tim kami selama libur Lebaran 2019. Terutama yang berkaitan […]

Baca Selengkapnya
Konsultan Manajemen Laundry Cleanlab POS: Mereka yang Membantu Memajukan Usaha Laundry Anda

Setelah berkenalan dengan tim Customer Success serta tim Product Management dan Engineer di Cleanlab POS, kini kenalan lagi, yuk dengan tim lainnya yang ada di Cleanlab POS, yaitu tim Konsultan Manajemen Laundry. Konsultan Manajemen Laundry di Cleanlab POS adalah mereka yang membantu para pengusaha laundry untuk terus berkembang dengan teknologi aplikasi kami. Mereka jugalah yang membantu […]

Baca Selengkapnya
5 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengusaha Laundry Sebelum Libur Lebaran

Lebaran sebentar lagi!!! Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan laundry Anda sebelum Lebaran, supaya Anda tenang dan pelanggan nyaman. Berapa lama Anda akan tutup selama libur Lebaran? Atau Anda memilih tetap buka seperti biasa saat Lebaran? Semua itu pilihan Anda. Tapi, tentunya sulit menemukan karyawan yang mau tetap bekerja saat libur, ya! Nah, mumpung Lebaran […]

Baca Selengkapnya
Ingin Laundry Makin Berkah? Ini Kegiatan Sosial di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Lakukan

Perbanyak lakukan kegiatan sosial di bulan Ramadhan supaya laundry Anda makin berkah. Yuk, seimbangkan kehidupan bisnis Anda, supaya nggak hanya cari untung semata, tapi juga untuk beramal dengan sekitar. Setelah fokus berbisnis selama setahun, saatnya di bulan penuh berkah ini, Anda banyak beramal! Banyak sekali kegiatan beramal yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan. Banyak-banyaklah […]

Baca Selengkapnya

7 Tips Mengoptimalkan Data Pelanggan Laundry untuk Meningkatkan Omset

Waktu membaca: 4 min
0