Cleanlab POS

Ilham, Pemilik Master Londre: “Saya Modal Nekat Jadi Pengusaha Laundry.”

Modal nekat dan uang 600 ribu, jadi awal kisah Ilham menjadi pengusaha laundry yang punya dua cabang.

Ilham membuka laundry pertama kali di daerah Ciputat sejak tahun 2009. Lima tahun berselang, ia membuka cabang keduanya yaitu Master Londre di kawasan Bintaro. Ia mengaku membuka laundry hanya modal nekat dan uang 600 ribu Rupiah. Uang itu ia gunakan untuk menyewa tempat, membeli timbangan dan membuat spanduk laundry. Setelah itu barulah ia berinvestasi membeli mesin cuci laundry dan mesin pengering laundry.

 

“Saya Nyesel Baru Pakai Cleanlab POS Seumur Jagung.”

pengusaha laundry

Tantangan yang dihadapi Ilham dalam menjalankan bisnis laundry adalah mengelola laporan keuangan dan manajemen karyawan laundry. Karena mengelola keuangan laundry termasuk yang paling sulit, Ilham pun memutuskan untuk menggunakan aplikasi kasir laundry. Dari berbagai aplikasi kasir laundry yang ada, Ilham memutuskan untuk menggunakan aplikasi Cleanlab POS.

“Karena setelah saya pelajari dan bandingkan, Cleanlab POS cocok untuk perkembangan laundry di seluruh Indonesia, terutama untuk Master Londre. Awalnya saya coba free trial, selama dua minggu. Setelah digunakan, ternyata karyawan saya juga sangat mendukung. Mereka nggak ada kesulitan pakainya. Setelah itu saya langsung langganan satu tahun. Karena mudah banget pakainya. Semua karyawan saya bisa menjalankan aplikasi ini untuk melayani konsumen,” ujar Ilham.

“Saya nyesel, sekian tahun punya laundry, baru pakai aplikasi Cleanlab POS dari Desember 2018 kemarin. Pencatatan transaksi dan pembukuan laundry mulai dari pemasukan dan pengeluaran dicatat dan dilapor secara manual sama karyawan. Karena itu, bisa ada sedikit keraguan, benar apa nggak, pasti apa nggak. Karena saya nggak sering datang ke laundry. Padahal, sistem kayak gitu nggak baik. Itu manajemen yang salah. Dengan pakai aplikasi, saya bisa kontrol laundry di mana pun saya berada. Jadi nggak ada miscommunication sama karyawan,” tambahnya.

 
Perbedaan yang dirasakan antara memakai nota tradisional dengan aplikasi Cleanlab POS

pengusaha laundry

Ilham merasakan betul perbedaan yang terasa jelas sebelum dan setelah pakai aplikasi Cleanlab POS. “Bedanya kayak langit dan bumi! Karena dulu waktu pakai nota, itu disalin lagi ke buku buat catat pengambilan harian. Saya merasa kesulitan menyinkronkan antara laundry yang diambil dengan yang dicatat. Kalau pakai aplikasi saya nggak perlu ngecek rak lagi. Cucian yang sudah diambil dan yang belum semuanya ada di laporan aplikasi. Lebih gampang, lebih mudah, dan lebih nyaman pakainya.” lanjut Ilham.

Ilham pun mengungkapkan harapannya untuk Cleanlab POS. Ia berharap aplikasi kasir ini bisa memberikan layanan dan fitur-fitur yang benar-benar membantu dan menguntungkan serta mencerdaskan seluruh pengusaha laundry di Indonesia.

 
Jadi pengusaha laundry yang lebih profesional di mata pelanggan karena pakai aplikasi

Selain kemudahan bertransaksi, Ilham juga merasakan keuntungan lainnya dengan menggunakan aplikasi, yaitu pelanggan melihat laundry miliknya lebih profesional dibanding laundry yang masih pakai nota tradisional.

“Saya berharap seluruh pengusaha laundry di Indonesia, nggak ragu lagi untuk menggunakan aplikasi, terutama aplikasi Cleanlab POS, karena sangat menguntungkan buat kita.”

Simak selengkapnya kisah Ilham mengatur laundry-nya memakai aplikasi Cleanlab POS di sini!

 

Anda pernah ngalamin hal yang sama dengan Mas Ilham, yaitu laporan keuangan diaturnya sama karyawan laundry? Yuk, langsung pakai aplikasinya, sekarang! Download langsung dengan klik di sini, GRATIS! Download Cleanlab POS

Artikel Terkait

Memutuskan Resign Setelah 10 Tahun Bekerja di Rumah Sakit, Ariane Kini Fokus Jadi Pengusaha Laundry

Berpengalaman sekitar 10 tahun bekerja di bidang pelayanan medis, Ariane akhirnya memutuskan berhenti bekerja di rumah sakit dan jadi pengusaha laundry supaya bisa punya banyak waktu bersama anaknya yang masih kecil. Laundry menjadi bisnis pertama yang dipilih olehnya karena ia berpikir bahwa peluang bisnis laundry cukup besar. “Saya buka laundry karena saya yakin, ke depannya […]

Baca Selengkapnya
Bagaimana Cara Mengelola Usaha Laundry Pakai Aplikasi?

Kehadiran aplikasi telah memudahkan hidup banyak orang, termasuk adanya aplikasi kasir laundry. dengan aplikasi kasir laundry, Anda bisa kelola bisnis lebih gampang dan bisnis Anda bisa berjalan autopilot. Wah, kok bisa ya ngatur laundry pakai aplikasi? Bagaimana cara mengelola usaha laundry pakai aplikasi? Caranya gampang sekali. Anda hanya perlu punya aplikasi Cleanlab POS. Dengan satu […]

Baca Selengkapnya
15 Contoh Promosi Laundry yang Menarik untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan

Salah satu cara menaikkan omset usaha laundry secara signifikan adalah dengan sering-sering membuat promosi laundry. Cara berpromosi dengan memberikan diskon dan potongan harga termasuk jenis promosi yang efektif. Anda bisa mempromosikan diskon laundry Anda baik secara offline maupun online. Berikut ini contoh 15 promosi laundry yang bisa Anda tiru dan kreasikan sesuai kreativitas Anda.   1. […]

Baca Selengkapnya
7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Laundry untuk Perkembangan Bisnis Anda

Usaha sekecil apa pun, harus punya pengelolaan keuangan yang baik, termasuk laundry Anda. Baik laundry yang baru buka, maupun yang sudah lama berdiri, keuangan laundry harus diatur dengan rapi agar usaha laundry Anda terus tumbuh dan berkembang dengan sehat. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan usaha laundry yang tepat?   1. Pisahkan rekening pribadi dengan rekening […]

Baca Selengkapnya

Ilham, Pemilik Master Londre: “Saya Modal Nekat Jadi Pengusaha Laundry.”

Waktu membaca: 3 min
0